Ide Aplikasi Cemerlang selama Ramadhan

Kota Depok memang tak hanya punya Universitas Indonesia, namun Depok juga punya developer lokal Badr Interactive yang punya ide kreatif untuk menghidupkan masjid dengan aktivitas rohani dan ritual selama bulan Ramadhan.

Aplikasi yang dapat diunduh di Android itu bernama Masjeed: Mosque Social Network. Aplikasi ini berdasar pada geolokasi yang dikawinkan dengan social network. Masjeed menghubungkan pengguna dengan masjid dan surau untuk saling sapa dan berbagi terkait aktivitas masjid.

“Siapa yang akan memberi kotbah Jumat di masjid terdekat? Apa saja kegiatan yang akan diselenggarakan masjid akhir pekan ini? Kemana saya bisa melakukan I’tikaf di bulan Ramadhan ini? Dengan demikian, komunitas masjid bisa saling membantu satu sama lain, memperhatikan dan berbagi agar masjid menjadi lebih hidup, semarak sekaligus membawa keberkahan.

Selain itu, pengguna aplikasi dapat memposting status, gambar, maupun diskusi di setiap akun masjid yang ada.

Menurut TechinAsia edisi Indonesia, aplikasi ini merupakan salah satu dari empat aplikasi terbaru khusus Ramadhan tahun ini yang dibuat dan tersedia untuk platform Android selain satu aplikasi tersedia dalam format web interactive.

Badr Interaktifve juga memilih 51 doa terbaik dari Al-Quran dan menempatkannya di aplikasi Dua in Quran. Doa indah itu diharapkan untuk dapat menemani zikir harian.

Tak lupa, ada aplikasi Learn Quran yang memberikan kemudahan bagi pengguna dalam memahami bacaan setiap ayat berdasarkan aturan tajwid. Dan terakhir adalah aplikasi Quran Prize yang diciptakan khusus bagi penghafal Al-Quran untuk menguji pemahaman terhadap ayat-ayat yang telah dihafalkan.

Sementara itu, tak mau kalah developer asal Bandung, Kodelokus Cipta Aplikasi bermarkas di Bandung, juga menggarap aplikasi Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla yang menyajikan informasi waktu imsak, salat, dan arah kiblat untuk sehari-hari.

Aplikasi tersebut menambahkan daftar panjang 11 aplikasi lain yang telah digarap oleh Kodelokus, termasuk  Nasihat Islam, Kamus Indonesia – Arab, dan Hijri Calendar.


(Ditulis ulang dari artikel di TechinAsia)

Post a Comment

0 Comments