Custom Domain Blogger Hanya Bisa Diakses dengan www


Blog saya ini urbanindonesia.com sebenarnya adalah blog yang berbasis hosting tak berbayar blogspot.com. Saya memakai custom domain untuk mengalihkan domain asli dari blogger ke domain milik saya. Selama beberapa bulan terakhir, blog ini memang tidak bisa diakses jika tanpa menggunakan www pada url-nya. Jadi hanya bisa diakses jika user menggunakan www.urbanindonesia.com namun ketika user mengetikkan hanya urbanindonesia.com, hasilnya malah tidak muncul, atau terkadang diredirect ke website hosting Godaddy.


Tentu, situasi di atas sangat merugikan karena ada pengunjung yang mungkin kecewa karena tidak berhasil mengunjungi blog meskipun telah mengetik alamat dengan benar. Setelah berbulan-bulan mencari (dengan penuh drama), akhirnya persoalan dapat dipecahkan berkat pengalaman blogger lain

Berikut 2 cara yang dia share untuk memperbaiki custom domain blogger yang tidak bisa diakses tanpa www. Cara kedua tidak berhasil di blog saya, namun cara pertama berhasil.

1. Modifikasi DNS Record
Masuk ke Control panel domain, lalu pilih ke menu setting DNS / DNS Zone Editor (mungkin nama menunya bisa beda-beda).
Cari record host yang ada tanda "@" di daftar dns record anda. Kalo gak ada, coba tambahin satu record lagi, dengan "@" sebagai host nya.
klik add new value > pilih url redirect atau CNAME dan tulis "@" sebagai hostname nya. di bagian target / tujuan isi dengan domain Anda lengkap dengan www. setelah selesai, Save.

Terapkan juga perubahan pada Tab Forwarding. Isi dengan domain Anda, lengkap dengan www. Setelah itu Save.





Seandainya cara di atas tetap tidak berhasil. Cobalah dicek pengaturan pada blogger Anda.

2. Pengalihan domain non-www ke domain lengkap
Masuk ke dashboard blogger, selanjutnya pilih menu Publishing > Basic.
Pada bagian Publishing, klik edit

Selanjutnya, di Advanced Setting beri ceklist/centang pada pilihan alihkan domain tanpa www ke domain lengkap.





Jika sudah, klik Save.

Sekarang coba akses alamat blog anda tanpa www.

Semoga berhasil!

Post a Comment

0 Comments