Online Photo Editing

Saya selalu terkagum-kagum dengan mereka yang rela hati berbagi secara cuma-cuma tanpa banyak berharap pamrih untuk kepentingan sendiri. Saya masukkan para developer free online photo editing dalam kategori itu. Sementara Adobe memang begitu powerful dengan piranti yang memang diperlukan untuk para profesional mengedit foto, para amatir mungkin boleh berpuas dengan bantuan-bantuan yang persis menjawab kebutuhan, tanpa harus membawa-bawa program Adobe.

Nah, kelebihan itu yang dimiliki online photo editor.

Setidaknya dari beberapa online photo editing ada 3 yang boleh saya catat di sini.
1. Picasa miliki Google. Sangat powerful, dan membantu membuat foto yang lebih indah dengan menentukan focal point dan lain sebagainya. Downsidenya, Google selalu kepo dan ingin tahu foto lain apa saja yang kita miliki di komputer,yang tentu kita tidak ingin semuanya diketahui juga oleh Google.

2. Pixlr.com
Untuk kepentingan crop dan resize, cukuplah menggunakan ini. Cepat, tepat dan akurat. Tidak berat dan seketika dapat dinikmati. Cocok untuk para blogger yang mau mengedit photo dimana saja tanpa harus install software apa pun. Cukup memiliki koneksi internet.

3. Convertimage.net
Yang ini sangat powerful juga. Saya menemukan layanan yang tidak dimiliki Pixlr.com di sini, yaitu mengubah simetri foto dengan fasilitas flip mirror.
Meskipun saya harus menyetujui term tertentu yang saya belum membacanya, menjawab apakah saya mau foto diletakkan ke gallery mereka (mungkin supaya menjadi testimonial buat mereka) dan kalau saya mau login ke Facebook untuk memposting foto itu di wall (dan tentu mereka jadi punya data Facebook saya), saya toh akhirnya dapat menikmati layanan. Cukup jawab tidak jika tidak berkenan.


Ini adalah foto original sebelum di flip mirror dengan covertimage.net.

Dan, ini setelah di flip mirror