Ini Daftar Kota-kota Terbersih di Asia

Beberapa kota di Asia telah memenuhi standar layak untuk kebersihan. Bahkan, beberapa kota telah memiliki sistem untuk mengurangi emisi karbondioksida dan menekan tingkat polusi serta mengelola limbah. Berikut daftarnya,

1. Tokyo
Tokyo termasuk salah satu kota besar di dunia yang bekerja keras untuk menjaga kebersihannya sekaligus membuat lingkungan yang ramah bagi warganya. Saat ini Tokyo mereupakan kota dengan emisi karbondioksida terendah di Asia. Jumlah penduduknya:13,4 juta menghuni luasan wilayah: 2,187 kilometer per segi. 

Mengherankan, bukan? New Delhi sebelumnya dikenal sebagai kota yang sangat padat penduduk, dengan populasi 11 juta yang tinggal di 43 kilometer per segi. Warga kota berusaha menjaga kota tetap bersih dan menekan emisi karbon hingga menjadi kota yang terendah emisi karbondioksidanya di seluruh India. Percayakah Anda, jika kota ini menghasilkan sampah paling sedikit di Asia?

Tentu saja. Singapura dikenal sebagai kota yang menerapkan sanksi dan denda bagi para pengotor kota. Permen karet, puntung rokok, sampah adalah musuh kota ini dengan stiker yang terpasang di tempat-tempat umum. Populasi Singapura 5,4 juta dengan luas wilayah 2,187 kilometer per segi. 

4. Kobe
Kota di Jepang ini memiliki sistem drainase banjir yang terpisah dengan sistem pembuangan limbah. Hal ini memastikan air hujan tidak tercampur dengan limbah. Tentu, desain infrastruktur yang mengagumkan itu berpengaruh terhadap rendahnya tingkat polusi. 


Sumber: @kompasklasika Image credit:  www.norbertwoehnl.com
\