3 Pemenang Aplikasi di Google Hack for Impact

Google menyelenggarakan kompetisi bagi para developer aplikasi dalam gelaran Android One Hack for Impact pada hari Minggu 29 Maret lalu. 

Ada 50 pengembang ikut dalam kompetisi untuk membuat aplikasi pelayanan publik dalam bidang Transportasi dan Kesehatan. Dewan juri menyeleksi peserta menjadi 10 dan akhirnya memilih 3 pemenang. 

Berikut adalah ketiga pemenang. 


  1. BIT (Bus in Time)


Sonny Lazuardi, Yogi Salomo, Ignatius Evan, Faishal Tanjung, dan Alif Raditya adalah mahasiswa Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung yang menawarkan pendekatan berbeda dalam memecahkan masalah transportasi publik. Aplikasi crowd GPS mereka didukung dengan beacon bluetooth ramah energi, yang terjangkau dan terukur dan dapat digunakan oleh semua mode transportasi. 

"Aplikasi kami bisa memberitahu secara tepat berapa menit lagi transportasi yang Anda tunggu akan datang, karena kami berpikir kalau waktu yang kami habiskan untuk menunggu bus sebetulnya bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif."

  1. VACCINE TIME
Vaksin adalah hal penting bagi anak-anak, namun tak jarang orang tua melupakannya. Ini menjadi alasan mengapa Suseno Dermawan, Rhio Gemuruh Satrya, dan Estu Aji dari Elasitas Mobile Team membuat aplikasi Vaccine Time. Lebih dari sekadar aplikasi reminder, Vaccine Time juga dilengkapi dengan fitur pencari rumah sakit/klinik yang menyediakan vaksinasi, berikut informasi umum bagi orang tua.

"Kami memilih Vaccine Time karena ide yang simpel tapi menjadi salah satu tantangan yang selama ini kami ingin pecahkan. Tak hanya mengingatkan orang tua untuk memberikan vaksin tapi juga memberikan edukasi mengenai vaksinasi yang tepat untuk anak-anak mereka," tutur Alberto Ali.

  1. APPAJA
Appaja (Aplikasi Angkutan Jakarta) adalah “Waze"-nya transportasi publik. Aplikasi yang dibuat dari tim empat orang ini (Daisy Darmawati, Robin, Icha, dan Mansoor), mengandalkan metode crowdsourcing untuk memberikan informasi kepada publik mengenai KRL dan Transjakarta, seperti waktu tiba, harga tiket, dan situasi di halte bus & stasiun kereta. Appaja juga bisa digunakan di seluruh OS Android, dari Froyo hingga Lollipop, dan mengandalkan kekuatan kolaborasi laporan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memperbaiki transportasi kota Jakarta.


Previous Post Next Post