Dicari Kota dan Kepala Daerah untuk Jadi 'Silicon Valley' Indonesia

Perusahaan teknologi Tokopedia sedang berburu salah satu kota di Indonesia untuk membangun kantor sekaligus pusat inovasi dengan ambisi untuk menyamai sentra teknologi Amerika, Silicon Valley di San Fransisko.

"Syaratnya kota tersebut harus punya perguruan tinggi yang siap memasok tenaga ahli yang siap kerja. Setiap tahun akan ada industri yang menyerap lulusan perguruan tinggi tersebut," kata William Tanuwijaya, CEO Tokopedia di Jakarta, Rabu.

Selain kota, Tokopedia juga mencari kepala daerah yang satu visi dan mimpi untuk mendukung inovasi dan industri kreatif yang akan dibangun.

Imbal hasil dari pembangunan kota tentu adalah pemasukan pajak yang juga menggerakkan ekonomi kota yan bersangkutan.

Meskipun kota metropolis Jakarta adalah yang paling siap dan lengkap dukungan infrastruktur ITnya, Tokopedia sepertinya emoh masuk ke keruwetan rimba IT Jakarta.

"Tidak di Jakarta. Seharusnya tidak di Jakarta," kata William.

Dalam implementasi program dua tahun ke depan, Tokopedia mempersiapkan beberapa lini bisnis yang menyasar segmen UKM dan pengguna Internet pribadi.

COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison menyatakan bahwa p-eluang bagi Tokopedia untuk berkembang terbuka lebar karena sentra teknologi itu nantinya akan membuka peluang untuk perkembangan bisnis lain terkait teknologi, seperti robotika dan lain sebagainya.

Ada kota yang berminat?
-

Post a Comment

0 Comments