Kemarin saya menerima pesan dari Google Adsense. Kabar buruk. Adsense karena satu dan lain alasan menganggap blog ini tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Adsense.

Rupanya benar kata banyak rekan blogger yang memang sering mengeluhkan aturan Adsense yang amat ketat dan sering misterius. F*** off Adsense! Susah amat dapat recehan dari Adsense, begitu pikir saya. 

Untunglah, ada blogger yang padanya, saya berhutang beberapa tips dan template, termasuk juga wawasan mengenai menghasilkan uang dari blog tanpa iklan Adsense. Tips berikut disadur oleh contohblognih.blogspot.com (disingkat CB) dari about.com, namun nyata sentuhan sang pendahulu di dunia blogger dalam tips memonetisasi atau 'menguangkan' blog yang layak dan wajib disimak baik-baik. Saya menambahkan beberapa pengalaman pribadi sekedar untuk memperkaya uraian.

Tips ini kiranya bisa menjadi check list bagi para blogger pemula untuk mengembangkan blog mereka masing-masing.

1. Jual Barang/Jasa
Beberapa blogger telah membuktikan bahwa blog mereka dapat menjadi kanal untuk memasarkan produk/jasa. Keahlian yang dibagikan melalui beberapa tulisan dan di menu 'About' sering berhasil membuat pe-blogger menjadi go-to persons, rujukan bagi yang membutuhkan.

2. Terima Donasi
Mungkin di blog-blog di luar negeri praktik ini wajar. Di Indonesia sepertinya ada rasa sungkan dan malu untuk meminta donasi (sumbangan) kepada pengunjung blog atau sponsor. Saya memang melihat beberapa rekan pe-blogger full time menambahkan 'donation button' di blog mereka melalui akun PayPal atau bank account untuk transfer. Namun, belum pernah saya menanyakan sendiri seberapa efektif skema donasi itu untuk mendukung kelangsungan blog.

3. Menjadi pengisi Blog lain
Banyak blogger menjadi blogger tamu secara cuma-cuma dalam rangka mempromosikan blog mereka. Namun sepertinya menarik juga menyediakan layanan menjadi 'ghost blogger' bagi figur-figur publik, seperti halnya marak hadir para ghost writer buku di ranah publikasi pustaka di tanah air.

4. Menulis dan menjual e-book/buku
Nah, saya pernah berbicang-bincang dengan beberapa blogger dan penulis yang sangat produktif dan tidak hanya memproduksi tulisan-tulisan yang diterbitkan di blog pribadinya, namun juga dipublikasi di media-media. Bahkan beberapa artikel dikumpulkan dan diterbitkan menjadi e-book atau bahkan serial buku. Dulu saya pernah tahu bahwa issu.com adalah online publishing untuk mengolah data menjadi e-book. Namun seperti layanan lainnya yang kurang peminat akhirnya, ia tutup. Ada lulu.com, penyedia publikasi online, yang saya sendiri tertarik untuk mengeksplorasi jika ada waktu senggang.

5. Menjadi Blogger Profesional
Saya kenal juga beberapa blogger yang menjadi full time. Ada yang menjadi 'special hire', ada yang aktif menjadi pembicara, ada yang aktif membangun jaringan di kawasan regional dan internasional. Ujung-ujungnya, mereka mendapatkan bayaran atas waktu yang telah mereka investasikan dengan nge-blog.

6. Menjadi konsultan
Tentu ini ditujukan untuk mereka yang memiliki keahlian lain selain blogging. Blogging dapat menjadi sarana soft selling mengenai jasa konsultasi lain yang mereka tawarkan. 

All in all, saya ingin mengutip kata-kata mutiara dari blog CB yang membuat saya rela untuk menulis ulang dan berbagi pengalaman juga di beberapa paragraf di atas: Keep blogging! Uang hanyalah "berkah" dari "sedekah ilmu" lewat blogging. Good luck dan jayalah Blogger Indonesia!