Meme Internet, Media Baru Ekspresikan Pesan


Di tengah-tengah gaduhnya politik Indonesia terkait pengesahan UU Pilkada melalui DPRD yang kontroversial dengan perilaku dan sikap ambigu partai Demokrat dan pemimpinnya (SBY), warga mengekspresikan berbagai kritik dan pesan melalui media sosial, blog, online messenger. 
Ada subkultur baru yang mulai berkembang akhir-akhir ini dalam media dan cara berekspresi di Indonesia, dan memberi warna tersendiri dan membuat pesan sering kali lebih catchy dan ampuh, yaitu: meme Internet (baca: /'mi:m).
Meme Internet merpakan aktivitas, konsep, frase, media yang menyebar melalui Internet, sering sebagai mimikri. Bentuknya bisa gambar, hiperlink, video, website atau tanda pagar (hashtag).
Puluhan meme beredar mengenai topik di atas dan secara kreatif mengungkapkan pesan secara gamblang menggunakan berbagai asosiasi bebas. 
Istilah 'meme' sendiri diperkenalkan oleh Richard Dawkins pada tahun 1989 dalam bukunya, The Selfish Gene, sebagai salah satu ikhtiar untuk menerangkan bagaimana budaya menyebarkan informasi. Dan, yang kita lihat saat ini, meme Internet telah berevolusi di lingkungan digital menjadi lebih kreatif, murah, interaktif, sekaligus trendy. 
Ternyata meme juga gampang dibuat dengan berbagai template yang sudah tersedia secara online, seperti di memegenerator.net, quickmeme.com, memecreator.org dan aplikasi di Google Play. Tertarik untuk meramaikan media sosial Indonesia dengan subkultur baru?



Berikut contoh-contoh yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber penggiat sosial media.Selamat menikmati.


































Post a Comment

0 Comments