Google Drive Tidak Bisa Lagi untuk Hosting Web Hingga Akhir Agustus

Kabar buruk bagi beberapa blogger (termasuk saya, hiks) yang mengandalkan layanan Google Drive untuk hosting kode CSS, JS, dan HTML secara gratis, karena bulan ini adalah bulan terakhir bagi layanan hosting gratis di platform berbasis cloud ini.

Google sudah mengumumkan bahwa ia akan menghentikan layanan tersebut sejak Agustus tahun lalu.  Dalam pengumuman itu, Google mengatakan bahwa sejak diluncurkannya web hosting di Google Drive, banyak layanan hosting web yang bermunculan sehingga Google memutuskan untuk lebih memfokuskan diri ke fitur utama dari Drive dan pengalaman pengguna dalam Google Apps. Artinya, tagline Google Drive: Keep everything, Share anything, musti dikoreksi.

Tentu, kabar ini menyesakkan karena banyak aplikasi dan program yang 'ditanam' di Google Drive dan terhubung dengan webpage ini setelah tanggal 31 Agustus 2016 akan serta merta putus dan tidak bisa berfungsi lagi.  Padahal, awal tahun ini, Google juga memaksa beberapa blogger untuk bermigrasi ke Google Drive karena ia menutup layanan Google Code. 

Memang, umur di jagad maya ini amatlah pendek. Sudah lah. Tidak perlu baper, cari layanan lain lagi. Yuk kita pindahan lagi.

Post a Comment

0 Comments