Saat ini semangat social enterpreneurship mulai menyebar baik di Indonesia maupun di dunia. Para pengusaha dan pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan telah terketuk hatinya tidak hanya untuk kepentingan materi semata, namun juga memikirkan untuk membangun usaha yang dilatarbelakangi adanya permasalahan sosial di lingkungan sekitarnya dan keuntungan usaha yang dihasilkan digunakan untuk menjaga keberlangsungan program kerja untuk mengatasi permasalahan sosial yang ada.
Di Indonesia sendiri, semangat social enterpreneurship ini masih harus terus disebarkan untuk dapat menjawab tantangan dan kondisi sosial di berbagai sektor, seperti misalnya pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, transportasi, dll  yang saat ini kita hadapi bersama. 
IDEAFEST, sebuah gerakan kebangkitan kreatif  yang bertekad untuk membantu menciptakan sebuah perubahan positif bagi bangsa Indonesia, salah satunya melalui wadah festival kreatif dua tahunan dengan tajuk yang sama, yang pertama kali digelar di tahun 2011. Melalui festival ini, IDEAFEST bersama dengan sejumlah tokoh inspiratif seperti Stefan Sagmeister, Basuki Purnama, Anies Baswedan and Peter Gontha, gerakan ini telah secara terus menerus berbagi ide, inspirasi, serta pengalaman kepada ribuan anak muda berbakat di Indonesia.
Melanjutkan upayanya, tahun ini IDEAFEST kembali digelar, kali ini bertekad untuk membantu menyebarkan semangat social enterpreneurship di Indonesia, dengan mengangkat tema “Ideafest 2015: Creativity with Purpose”. 
 Chaerany Putri, founder gerakan GerakCepat mengutarakan bahwa, ”Dengan adanya 514 kabupaten dan kota di Indonesia, kita memiliki 514 tantangan untuk menghasilkan dampak yang bisa membawa perubahan bagi Indonesia. 

“Apabila masing-masing dari pengusaha muda di Indonesia fokus untuk menjadi solusi untuk permasalahan sosial yang ada, bayangkan seberapa besar dampak yang dihasilkan!”, Rene Suhardono, social entrepreneur yang juga penulis dan Life Coach menambahkan.
Ben Subiakto, Festival Director IDEAFEST 2015, sekaligus founder gerakan IDEAFEST menjelaskan lebih lanjut mengenai tema festival IDEAFEST tahun ini, “Sudah saatnya kita anak – anak generasi muda di Indonesia tidak bergantung pada orang lain, tapi justru kita harus terketuk untuk membantu menyelesaikan masalah sosial yang ada di Indonesia.Indonesia dikenal salah satunya akan kreatifitas. Melalui IDEAFEST 2015, kami bermaksud berbagi pengalaman, ide, dan inspirasi kepada anak muda potensial di Indonesia. Bersama para tokoh – tokoh yang telah berhasil merelisasikan bentuk kreativitas mereka menjadi sebuah hasil positif, sebuah bisnis yang tidak hanya menguntungkan dan bermanfaat bagi diri mereka sendiri namun juga memiliki dampak sosial”, ujar Ben.
Sejalan dengan visi ini, IDEAFEST 2015 menggelar kompetisi “IDEAS FOR INDONESIA”, sebuah kompetisi untuk membangkitkan semangat social enteprise di kalangan anak muda di Indonesia yang akan dibuka pendaftarannya dari 1 April – 15 Mei 2015. Duduk di jajaran juri antara lain  Jusuf Kalla, Andy F Noya, Veronica Colondam,  dan lain – lain. Salah satu yang menarik dari kompetisi ini adalah mekanisme yang diusung yang cukup unik dan diharapkan tidak hanya menjadi ajang persaingan namun bermanfaat bagi peserta untuk diaplikasikan di dunia bisnis. Para peserta ditantang untuk memikirkan solusi dari permasalahan sosial yang ada di Indonesia dalam model bisnis Social Enterprise. Semua aplikasi akan disaring menjadi 15 finalis yang akan mendapatkan mentorship dari para ahli di bidang yang terkait dan kemudian akan dipilih lagi 3 finalis utama yang akan mempresentasikan idenya di hadapan dewan juri pada acara konferensi Ideafest, 8 Agustus 2015.
Pemenang kompetisi ini akan diperlengkapi dengan seed funding sebesar total Rp 200 juta untuk 3 pemenang dan periode inkubasi oleh GerakCepat serta field trip ke Inggris untuk memajukan kewirausahaan sosial yang berdampak di Indonesia. Anak muda yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini dapat mendaftarkan dirinya secara online melalui www.ideafest.id.
Dengan adanya kompetisi ini, IDEAFEST 2015 bertekad untuk menciptakan perubahan bagi bangsa Indonesia, melalui industri kreatif yang dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Untuk informasi seputar IDEAFEST 2015, termasuk juga kompetisi “IDE UNTUK INDONESIA”, dapat diakses melalui situs www.ideafest.id Ikuti juga berita terbaru seputar IDEAFEST 2015 melalui twitter @ideafestid, instagram @ideafestid atau social media lainnya dengan hashtag #IDEAFEST2015.