Habis 4G LTE, Internet Indonesia Kok Malah Tambah Lelet?

Di tengah-tengah hingar bingar peluncuran jaringan super cepat  4G LTE di beberapa kota di Indonesia, kabar kurang sedap muncul seputar penurunan kecepatan jaringan Internet di Indonesia.
Setelah traksi tajam selama kurun beberapa tahun terakhir, kecepatan Internet Indonesia anjlok pada kuartal 4 tahun 2014 sebagaimana dilansir oleh penyedia layanan cloud, Akamai Technologies. 
Akamai merilis bahwa pada tiga bulan terakhir 2014, kecepatan koneksi Internet rata-rata di Indonesia adalah 1,9 Mbps, atau tinggal separonya dibanding 3,7 Mbps pada kuartal III tahun 2014.

Memang, rata-rata kecepatan Internet pada kuartal IV tersebut masih 16 persen lebih tinggi dibanding kuartal yang sama di tahun 2013. Akibatnya, posisi internet Indonesia turun peringkat ke 122 dari sebelumnya 77.

Di wilayah Asia Pasifik sendiri, peringkat Indonesia perihal rata-rata kecepatan internet ini berhasil dilangkahi oleh India, Filipina, dan Vietnam.
Sementara itu, negara dengan peringkat kecepatan internet tertinggi di dunia dipegang Korea Selatan, diikuti Hong Kong dan Jepang. Kecepatan rata-rata yang dirasakan oleh pengguna internet di Korea Selatan adalah sebesar 22.2 Mbps. 
Sumber:Selular.id